Minggu, 31 Mei 2015

Cara Install Dual Boot Ubuntu Menggunakan USB/Flash Disk

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara install dual boot Ubuntu melalui USB drive. bahan yg diperlukan agar USB dapat bisa jadi bootable adalah :


  1. Jika sudah didownload maka buka rufus. Jangan lupa untuk menancapkan USB/Flash Disk anda. Rufus akan mendeteksi Flash Disk secara otomatis jika Flash Disk telah tertancap.
  2. Semua settingnya tidak perlu diganti. langsung saja klik pada gambar cd di sebelah tulisan "create a bootable disk using....." dan cari disk image/Ubuntu ber ekstensi ISO agar dapat diboot melalui USB/Flash Disk.
  3. Jangan lupa untuk membackup semua data pada USB/Flash Disk karena selama proses, USB/Flash Disk akan diformat. Setelah itu klik start dan tunggu hingga proses selesai.
  4. Setelah proses selesai restart komputer/laptop. kemudian masuk pada boot menu biasanya dengan menekan tombol F2 ketika merk komputer/laptop muncul.
  5. Klik pada bagian bertuliskan "Boot" kemudian klik pada "Hard Drive BBS Priorities". pastikan prioritas boot dengan USB/Flash Disk berada pada urutan pertama.
  6. Jika sudah tekan F10 untuk save kemudian exit. selanjutnya boot akan melalui USB/Flash Disk.
  7. Kemudian akan muncul UI Ubuntu untuk install ataupun try Ubuntu. pilih "Install Ubuntu"
  8. Tentukan bahasa yg akan digunakan, kemudian klik next untuk continue
  9. Kemudian pada tampilan berikutnya akan disuruh memilih antara terkoneksi dengan jaringan wifi ataupun tidak. jika memiliki koneksi yang cukup bagus maka sambungkan saja dengan wifi. jika tidak maka pilih saja "I don't want to connect....".
  10. Kemudian selanjutnya akan ada tampilan untuk persiapan install Ubuntu. sebenarnya tidak harus semua dicentang. namun saat install usahakan memiliki memori yg mencukupi dan memiliki daya yg mencukupi.
  11. Selanjutnya akan ada beberapa pilihan untuk install Dual Boot maupun install dengan menimpa OS sebelumnya, sehingga OS akan digantikan Ubuntu. Karena kita akan melakukan Dual Boot maka pilih "Install Alongside...." jika ingin menggunakan sisa hardisk yg tersisa. Namun jika ingin mengatur seberapa banyak memori yang digunakan maka pilih "Something Else". 
  12. Kemudian pilih lokasi tinggal anda
  13. Selanjutnya akan disuruh memilih keyboar layout, pilih bahasanya.
  14. Selanjutnya kita akan diminta untuk memberi nama pengguna, nama komputer, dan password.
  15. Kemudian tunggu hingga proses instalasi selesai
  16. Jika sudah maka akan diminta untuk mereboot. Jangan lupa untuk mengembalikan boot option pada konfigurasi awal. jika tidak maka akan mencari USB/Flash Disk yg digunakan untuk Boot tadi
Bagaimana? mudah kan? :v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Elders Scroll Skyrim Background